Wednesday, June 1, 2016

1001 Cara memulai Bisnis dari Nol

Diposkan oleh Sarif Husin

Memulai Bisnis Dari Nol

Punya bisnis yang bisa memberikan penghasilan besar adalah sebuah dambaan banyak orang termasuk saya. Namun terkadang memulai sebuah bisnis bukanlah sesuatu perkara mudah karena banyak halang rintangan yang akan ditemukan. Kesulitan memulai bisnis itu bahkan bisa ditemui oleh orang-orang yang baru mau memulai bisnis. Salah satu hal yang sering membuat banyak orang gagal sebelum memulai ialah bingung mau memulai bisnis darimana. Terlebih lagi orang-orang yang mau memulai dan sebelumnya tidak pernah menjalankan bisnis. Namun saya ingin meyakinkan anda bahwa memulai Bisnis dari Nol itu memiliki 1001 cara yang bisa anda pilih.

Maksud dari 1001 cara ini adalah menunjukkan bahwa cara memulai bisnis itu sangat banyak, nah untuk itu saat ini anda tidak perlu khwatir harus memulai dari mana dalam membangun usaha. Pada hari ini saya akan membagikan tips-tips ini kepada anda yang saat ini kebingungan. Pertama-tama yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut :

Cari Passion anda

Mau tidak mau membagun bisnis itu harus konsisten dan terus menerus walau dalam kondisi apapun, karena dalam memulai bisnis kita akan menemukan banyak sehali halangan dan rintangan. Sehingga untuk memulai bisnis sebaiknya kita harus mencari passion kita apa!. tentunya passion itu bisa dilihat dari keseharian kita, lebih melakukan aktivitas dibidang apa? apakah baca buku? mencicipi tempat makan baru? suka nongkrong? Menghabiskan waktu didepan komputer? Suka nulis?. Dan masih banyak lagi contoh aktivitas sehari-hari yang sering kita lakukan. Nah untuk menentukan passion maka carilah aktivitas yang benar-benar kita sukai.

Salah satu patokan agar kita mengetahui bahwa aktivitas itu benar-benar kita sukai adalah ketika kita melakukannya tidak mudah merasa bosan. Contoh, jika aktivitas sehari-hari anda adalah membaca buku maka anda sangat cocok memulai bisnis Toko buku. Jika anda termasuk orang yang suka mencicipi tempat makan baru maka anda sangat cocok membuka Warung makan. Itulah sedikit contoh untuk menentukan passion yang bisa dijadikan tolak ukur memulai usaha. Namun bukan berarti memulai bisnis bukan dari passion itu tidak bisa akan tetapi akan lebih sulit kita lakukan dibandingkan dengan yang sesuai passion.

Buatlah Alasan yang Kuat kenapa anda harus Memulai bisnis Sekarang

Banyak orang yang memiliki ide bisnis namun ide yang ada dipikiran mereka hanya tinggal ide saja. Bahkan ide bisnisnya berjumlah lebih dari sepuluh akan tetapi mereka tak mampu mengeksekusinya. Kenapa itu bisa terjadi? sebagian besar disebabkan oleh karena mereka tidak memiliki alasan kuat untuk memulai bisnis tersebut sekarang juga. Oleh karena itu, saya sarankan kepada anda untuk mencari alasan yang cukup kuat yang bisa mendorong anda memulai bisnisnya sekarang juga. Dan biasanya hal itu akan bisa temukan ketika anda dalam posisi terdesak. 

Sebagai contoh, ketika anda tiba-tiba dipecat dari perusahaan tempat anda bekerja maka saat surat pemberitahuan pemberhentian anda terima. Disaat itulah anda kehilangan penghasilan bulanan anda, sedangkan saat itu kebutuhan hidup anda cukup besar. Tentunya mau tidak mau anda harus memulai bisnis dengan segera kalau tidak anda akan menjadi pengemis. Nah kondisi keterdesakan inilah yang bisa membuat anda langsung memulai usaha. Kalau seperti itu tentunya tidak semua orang mengalaminya, sehingga keterdesakan itu harus anda buat sendiri bukan menunggu terjadi.

Seperti apa dong cara menimbulkan keterdesakan itu? oke saya jawab, saat ini anda punya uang brapa? Rp.100.000 atau Rp. 500.000, atau Rp. 1.000.000 dan sebagainya. Jika saat ini anda sudah punya ide bisnis misal ide buka toko buku maka besok anda sudah bisa langsung bisa mulai usaha. Yang pertama-tama hari ini silahkan cari toko yang bisa anda sewa. Lalu buat kesepakatan dengan pemiliknya dan katakan kepada dia bahwa anda akan menyewanya dengan menyerahkan DP sebesar Rp.1.000.000 terlebih dahulu. Ingat jangan berpikir dulu mengenai modal ngisi toko, dll dan yang terpenting lakukan saja dulu membayar DP sewa toko sebesar Rp. 1.000.000.

Maka dengan membayar DP tersebut akan menciptakan keterdesakan dalam diri jika anda hanya berhenti disitu maka uang anda sebesar 1 Jt akan hilang sia-sia. Jadi mau-tidak mau anda harus terus melanjutkan pembukaan toko buku anda. Sedangkan untuk ngisi toko, serta membayar sisa sewa bisa anda pikirkan setelah itu. Yakinlah bahwa anda akan menemukan jalan keluar dan toko buku yang anda dambakan akan segera di lounching.

Satu hal lagi yang perlu anda renungkan ketika anda saat ini takut memulai, Jika saya ini dan itu kalau rugi gimana? kalau ga bisa bayar gimana? dll. Maka lihatlah seorang bayi yang baru lahir apakah mereka langsung bisa makan sendiri? apakah mereka bisa langsung make baju sendiri? saya yakin tidak akan tetapi akhirnya mereka bisa hidup. Seandainya, bayi-bayi itu punya pikiran negatif seperti anda tentunya dia tidak mau dilahirkan, karena sudah takut tidak bisa makan sendiri, tidak bisa make baju sendiri dll. Nah rubahlah pikiran anda dan jangan berpikir negatif terus.

Bayi saja, yang tidak bisa melakukannya semua sendiri, buktinya mereka bisa menjalani hidup dan mereka mampu menyelesaikan setiap masalah yang mereka temui, apalagi anda yang sudah dewasa. Nah itulah cara yang harus anda lakukan untuk memulai Bisnis dari nol.

Cari Rekanan Untuk Memperbesar Bisnis anda

Kita lanjutkan contoh membangun toko buku tadi, saat ini posisi anda sudah mempunyai tempat jualan buku walau baru bayar DP 1 juta. Maka selanjutnya yang harus lakukan adalah mengisi toko buku anda, namun kondisi keuangan anda minim sehingga anda bisa mencari rekanan yang bisa menitipkan buku-buku mereka dengan fee atau sistem bagi hasil. Saat ini cukup banyak penerbit atau penulis yang mau menitipkan bukunya di toko buku kita dengan sistem bagihasil ketika bukunya telah terjual. Itulah salah satu solusi buat anda yang tidak punya modal untuk melanjutkan usaha toko buku anda.

Jika masih belum menemukan orang-orang yang mau menaruh bukunya ditoko anda maka anda bisa mencari investor yang mau menamkan modal mereka ditoko anda. Tentunya untuk mencari investor maka anda harus memiliki keahlian tersendiri. Bisa mencari orang-orang terdekat disekitar anda karena merekalah yang lebih mudah untuk diajak berinvestasi diusaha anda. Yang terpenting anda harus bisa menjaga nama baik dengan sistem bagi hasil yang transafaran atau jika mereka membeli pinjaman tanpa bunga maka anda harus mengembalikan tepat waktu sesuai perjanjian.

Nah, jika sudah seperti ini maka usaha anda sudah bisa jalan, namun jangan lupa anda masih punya hutang biaya sewa. kalau biaya sewa 1 tahun 10 juta maka hutang anda tinggal 9 juta, cara mengatasinya pun sangat banyak misal meminta tempo pada pemilik toko atau dengan sistem cicil yaitu bulanan sehingga anda bisa lebih ringan membayarnya.

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih Atas Komentar anda.
By. www.yuublog.com