Saturday, May 16, 2015

7 Manfaat Berdagang Yang Belum Anda Ketahui

Diposkan oleh Sarif Husin
7 Manfaat BerdangangYang Belum Anda Ketahui - Berdagang adalah profesi yang sangat digemari oleh banyak orang, karena memang berdagang memiliki keutamaan tersendiri dari jenis profesi lainnya. Terlebih lagi sebagai sorang muslim maka berdagang adalah sesuatu yang memang dicontohkan oleh Rasulullah. Kita tahu bahwa Profesi Rasulullah sebelum ia diangkat menjadi seorang nabi adalah sebagai seorang pedagang.

Seorang muslim tentunya harus bersemangat menjadi seorang pedagang karena Rasulullah dan para Shabatnya banyak yang menjadi Pedagang. Namun sedikit saya ingin luruskan sebuah Hadist yang sangat populer "9 dari 10 rezeki ada di perdagangan". Sebetulnya hadist tersebut adalah hadist Dho'if dan jika ingin tahu lebih lanjut akan kedhoifan hadist tersebut bisa membaca nya di "http://rumaysho.com/muamalah/9-dari-10-pintu-rizki-di-perdagangan-1441.html.

Maka mulai hari ini kita harus berhati-hati mengutif hadist yang belum kita ketahui akan keshohihannya, agar kita tidak termasuk orang-orang yang berdusta atas nama Rasulullah. Karena Dosa dari berdusta atas nama Rasulullah adalah termasuk dosa besar. Sebagaimana Sabda Rasulullah dalam sebuah hadistnya Beliau  bersabda :

مَنْ كَذَبَ عَلَىَّ مُتَعَمِّدًا فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنَ النَّارِ
Barangsiapa berdusta atas namaku dengan sengaja, maka silakan ia mengambil tempat duduknya di neraka” (HR. Bukhari no. 1291 dan Muslim no. 3).

Untuk itu, kita memang harus berhati-hati, walaupun begitu berdagang dalam Islam termasuk profesi yang mulia terutama jika kita berdagang sesuai dengan yang di syariatkan dalam Islam. Oke, mari kita keinti pembicaraan yakni akan mengupas 7 manfaat dari Berdagang yang mungkin belum semuanya anda ketahui. Berikut Penjelasannya secara terperinci :

Manfaat Berdagang Yang Belum Anda Ketahui :

  • Menjadi seorang pedagang maka pada hakikatnya, kita sedang menjalankan Sunnah Rasulullah karena memang Rasulullah sendiri adalah seorang pedagang. Beliau telah berdagang sejak remaja hingga ia menerima wahyu kenabian.
  • Pedagang adalah orang-orang yang membantu menggerakkan perekonomian suatu negara atau masyarakat sehingga begitu besarnya jasa para pedagang terhadap perekonomian negara kita.
  • Berdangang merupakan ibadah karena dengan berdagang kita telah mencari nafkah buat keluarga dengan cara yang dihalalkan oleh Allah. Bukankah Mencari nafkah yang halal adalah sebuah kewajiban seorang muslim terhadap keluarganya.
  • Berdagang juga melatih kesabaran, kesyukuran dan keikhlasan sebagaimana jika berdangan kita membutuhkan Kerja keras dan siap menanggung resiko Untung dan rugi. Dan Kerja keras akan melatih kita untuk terus bersabar, dan ketika untung akan melatih kita selalu bersyukur sedangkan jika rugi akan melatihkan jiwa keikhlasan karena kerugian itu sudah takdir yang datang dari Allah.
  • Dengan berdagang kita telah membantu perputaran uang di masyarakat sehingga akan meningkatkan perekonomian negara dan masyarakat.
  • Berdagang pada hakikatnya akan melatih mental kita menjadi lebih baik terutama akan membangkitkan kepercayaan diri dan semangat yang kuat.
  • Berdangan melatih sikap positif seperti pekerja keras, jujur, disiplin, sopatn, tepat waktu, dan menepati janji.
Demikianlah tujuh manfaat berdagang yang bisa saya utarakan dan mudah-mudahan bisa renungkan. Menjadi pedagang memiliki manfaat yang begitu banyak dan tidak kalah pentingnya pedagang atau pengusaha masih sangat dibutuhkan oleh negeri ini. Salah satu sarat menjadi Negara Maju dalam ekonomi maka sebuah negara harus memiliki paling tidak 3 sampai 4 % pengusaha.

Sedangkan sampai saat ini pengusaha Indonesia belum mencapai 2 %,  untuk itu semangat wirausaha memang harus terus digalakkan sebagaimana sempat saya ulas di "Saya Ingin Jadi Pengusaha Aja". Dan untuk memulai menjadi Pengusaha memang harus dimulai dari seorang Pedagang terlebih dahulu.  Nah mari kita terus belajar tentang Imu Berdagang yang telah dicontohkan Rasulullah " BeriIlmu Sebelum Berdangang".

6 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. mungkin ane bisa tambahan kelebihan klo berdagang yaitu bisa membuka lapangan pekerjaan bagi org yang membutuhkan pkerjaan tentunya.

    ReplyDelete
  3. Very good idea you've shared here, from here I can be a very valuable new experience. all things that are here will I make the source of reference, thank you friends.

    ReplyDelete

Terima kasih Atas Komentar anda.
By. www.yuublog.com